Berlatih Membuat Bivak, Bersiap Menghadapi Ganasnya Alam


Latihan dasar pecinta alam (LDPA) adalah sebuah pendidikan dasar yang menjadi syarat bagi setiap calon anggota Bawana untuk bisa menjadi anggota Bawana. Kegiatan LDPA dilaksanakan sepenuhnya di alam bebas. Setiap calon anggota harus memiliki bekal ilmu dan keahlian yang cukup untuk mengikuti LDPA. Bekal tersebut diberikan disetiap latihan rutin yang wajib untuk selalu diikuti oleh para calon anggota.

Salah satu ketrampilan yang harus dikuasahi adalah keahlian membuat bivak. bivak merupakan sebuah tenda darurat yang menjadi perlindungan bagi setiap penjelajah alam dari berbagai gangguan, mulai dari binatang buas hingga ganasnya cuaca di alam bebas (hutan, pegunungan, dll.).




Banyak jenis dan cara yang dapat digunakan untuk memmbuat bivak. Bawana lebih mengarahkan para calon anggotanya membuat bivak menggunakan jas hutan / mantol betmen. Cukup berbekal tali, patok, dan sebatang kayu apabila dibuat dengan baik dan benar sudah mampu untuk melindungi diri dari terjangan badai yang sering harus dihadapi di alam bebas.

Kegiatan pelatihan dilakakuakan oleh para pengurus Bawana kepada calon anggota. Sabtu (17/9) kemarin misalnya, setelah dilakukan pembekalan di dalam kelas sebanyak beberapa kali, para calon anggota di tuntut untuk praktek langsung di lapangan dengan bimbingan para pengurus Bawana tentunya. Calon anggota yang tidak serius dalam berlatih berpotensi gagal dalam menghadapi ganasnya alam di LDPA akhir tahun nanti. (Farid)


0 Response to "Berlatih Membuat Bivak, Bersiap Menghadapi Ganasnya Alam"