Ngepit Road To Jetis Beach And Resik Pantai

Senin, 15 Februari 2016, keluarga besar BAWANA (Bahana Wawasan Nusantara) Angkatan XXIII dan XXIV, beserta Pembina melaksanakan kegiatan rutin dari tahun lalu, yaitu cycling atau Goes bareng.
Peserta Sebelum Berangkat
Tujuan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Jika Tahun lalu kami goes to Curug Silangit, namun untuk kali ini cycling ke pantai jetis, yakni salah satu pantai yang masih belum terekspose serta masih asing keberadaannya sehingga tidak banyak orang yang mengetahuinya.  Dinamakan Pantai Jetis karena keberdaan pantai ini yang berada di desa Jetis, Kecamatan Grabag Purworejo. Sering kali ketika wisatawan dating ke pantai ini tidak jarang mereka menganggapnya di pantai ketawang, karena memang keberadannya di dekat dan masih dalam kawasan pantai ketawang yang telah terkenal dan banyak terekspose di media.
Pantai Jetis sendiri memiliki panorama yang indah serta tidak kalah dengan pantai Ketawang yang berada tidak jauh dari pantai ini serta tidak kalah juga dengan pantai Jati Malang yang telah terkenal luas di masyarakat. Namun hal yang sangat mempihatinkan yakni keberadaan sampah yang masih tersebar dimana – mana karena mereka membuang sampah sembarangan serta memang ketersedian tempat sampah masih minim dan tidak hanya itu para wisatawan juga ada yang merusak pepohonan disekitar pantai, sehingga pantai yang indah itu terkesan kotor, kumuh dan tidak menarik untuk dikunjungi.
          Menanggapi hal tersebut, kami selaku Pecinta Alam SMK N 1 Purworejo, memiliki gagasan bagaimana cara  untuk dapat meminimalisir pencemaran lingkungan yang berada di pantai jetis. Sehingga dengan ini kami mengadakan sebuah agenda cinta lingkungan dengan tujuan untuk membersihkan lingkungan pantai serta untuk menciptakan rasa kekeluargaan, kekompakan serta kebersamaan antar anggota sehingga kami memberikan nama kegiatan itu Cycling And Resik Pantai “ dengan harapan setelah agenda ini selesai dapat menciptakan lingkungan pantai yang lebih bersih dan lebih indah kembali serta menyadarkan para wisatawan untuk peduli lingkungan dnegan tidak membuang sampah sembarangan.


          Cycling And Resik Pantai tersebut kami mulai pukul 07:30 WIB dengan berkumpul seperti biasa yang kami lakukan yakni melingkar dan saling bergandeng tangan terlebih dahulu di depan Aula SMK N 1 Purworejo untuk mendengar pengarahan dari bapak Dedi Purbadi,S.Pd Selaku Pembina BAWANA serta untuk membuka acara tersebut. Setelah acara dibuka oleh bapak Pembina dan melakukan do’a bersama kemudian kami menyiapkan sepeda yang akan kami gayuh untuk menuju pantai Jetis, Grabag. Rute perjalanan untuk menuju pantai Jetis kami mulai dari SMKN 1 kemudia menuju Desa Condong Sari, lalu melewati Gardu Induk, persawahan, Pasar Grabag dan berakhir di desa Jetis. Rute yang kami ambil dapat dikatakan cukup jauh, karena mengambil rute yang memutar.


          Perjalanan dari sekolah hingga pantai jetis memerlukan waktu sekitar 2 jam. Setelah sampai dilokasi, kami berfoto bersama sambil beristirahat dan menikmati indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa dengan garis pantai yang memanjang dari barat hingga timur serta angin yang semilir menambah kesan betah untuk berlama – lama di pantai ini. Waktu istirahat kami dirasa sudah cukup segera kami melanjutkan acara, yaitu bersih pantai. Anggota tim kami bagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan pembersihan. Pada bersih pantai ini sampah yang di ambil yakni sampah non-organik seperti plastic, botol, kaleng dll. Agenda bersih pantai pun kami mulai dengan mengumpulkan sampah - sampah di sepanjang pantai.

        Setelah sampah yang kami kumpulkan cukup banyak. Hingga kantong sampah / trash bag yang dibawa semua telah penuh kami putuskan untuk mensudahi bersih pantai ini dan kemudian kembali kami untuk istirahat sambil menikmati makanan yang telah kami pesiapkan.
     Setelah selesai makan dan istirahat dirasa telah cukup, kami melanjutkan acara yang lain, yaitu melaksanakan sebuah permainan yang kami buat menjadi turun temurun untuk setiap angkatan di BAWANA. Pada permainan ini, selain untuk bersenang - senang, juga dapat dijadikan untuk melatih kerjasama, kekompakan, kepercayaan, dan persatuan antara anggota tim.

               Ketika jarum jam menunjuk pukul 14:00 WIB, kami putuskan untuk mensudahi permainan ini dan kemudian melanjutkan untuk beribadah sholat dzuhur bagi yang muslim di sebuah Mushola  yang berada di Desa Jetis. Setelah selesai melakukan ibadah dan waktu telah sore, kami bergegas kembali ke SMK N 1 Purworejo, untuk acara penutupan dan pembubaran.



Kesan dan pesan :
“”Acara kali ini melelahkan tapi mengasikkan, menambah wawasan tentang wisata alam di Purworejo, menanamkan rasa kerjasama yang baik dalam melakukan sesuatu, dan mempererat kekeluargaan dan kekompakan antar Anggota, Pengurus, dan Pembina BAWANA.””

#SEMOGA BAWANA TETAP JAYA, BAWANA…… YESSSS !!!!!
By : BAWANA XXIII

Editor : Yulianto Eko Prasetyo (XX)

0 Response to "Ngepit Road To Jetis Beach And Resik Pantai"