Pantai Rawan Tsunami Dihijaukan


Agus Sigit | Sabtu, 22 November 2014 | 14:13 WIB |
Penanaman pohon cemara di Pantai Jatimalang. Foto : Jarot Sarwosambodo

PURWOREJO(KRjogja.com) - Pantai rawan bencana tsunami di Kabupaten Purworejo mendapat prgram penghijauan. Ratusan anggota TNI, polisi, pemerintah kabupaten, pelajar dan warga menanam ribuan pohon cemara laut di pesisir Pantai Jatimalang Kecamatan Purwodadi.

Penanaman pohon difokuskan pada lahan kritis di sepanjang pantai. "Target kami adalah lahan gersang, ternyata masih terhampar luas di pesisir Kecamatan Purwodadi," ungkap Kapten Bambang Wahyudi, Komandan Koramil 14 Purwodadi, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Sabtu (22/11).

Pohon cemara dipilih karena dinilai bisa hidup di tanah pasir pantai yang ekstrim. Selain itu, tanaman tersebut bisa tumbuh besar dan memiliki fungsi ganda sebagai pengendali abrasi dan pohon peneduh.

Menurutnya, pesisir seharusnya menjadi kawasan konservasi karena perannya penting terhadap lingkungan hidup sekitar pantai. "Kalau hutan pesisir lebat, bisa mencegah berbagai bahaya, misalnya tsunami. Apalagi Purworejo daerah risiko tsunami nomor dua di Jawa Tengah," tegasnya.

Camat Purwodadi Sukamto SSos mengemukakan, penghijauan tersebut juga bermanfaat mendorong sektor pariwisata di Pantai Jatimalang. Pemerintah, lanjutnya, tengah membangun konsep pariwisata hijau di objek wisata andalan Kabupaten Purworejo itu. (Jas)

0 Response to "Pantai Rawan Tsunami Dihijaukan"