Pentingnya Pohon Dan Alam Terbuka Bagi Manusia

www.belantaraindonesia.org

MadingBAWANA~
Pohon Bisa Menyelamatkan Hidup Anda 
Menurut sebuah studi "Environmental Pollution" yang baru, pohon dapat mencegah terjadinya 650.000 kasus gejala pernapasan akut. Dan juga bisa mencegah terjadinya 850 kematian. Hal ini dikarenakan pohon memiliki peran yang penting untung mengatasi polusi.

Pohon Membantu Meredakan Stres
Penelitian memperlihatkan bahwa orang yang jalan - jalan di hutan ( bukan di perkotaan ) mengalami 12,4 persen penurunan kortisol--hormon yang berkaitan dengan stres dan 1,4 persen penurunan tekanan darah, serta 5,8 penurunan detak jantung. Jadi pohon bisa berperan sebagai obat anti - stres yang gratis.

Pohon Bisa Menjadi Tetangga Yang Baik
Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1.000 orang Inggris menemukan bahwa orang - orang yang tinggal dekat dengan area hijau dengan banyak pohon di area perkotaan memiliki tekanan mental yang lebih rendah dan kondisi tubuh yang lebih sehat. Para psikolog juga menyarankan untuk jalan - jalan di alam terbuka setidaknya sekali dalam seminggu. 

Pohon Bisa Meningkatkan Daya Ingat
Penelitian dari University of Michigan menemukan bahwa orang - orang yang berjalan - jalan dekat dengan pepohonan memiliki kemampuan 20 persen lebih baik dalam uji daya ingat daripada orang - orang yang berjalan - jalan di area perkotaan. Hmm, jadi kalau Anda sedang butuh belajar dengan maksimal dan meningkatkan daya ingat, Anda bisa coba untuk belajar di alam terbuka yang dikelilingi banyak pohon.

Pohon Memberi Energi
Memandang pepohonan saja bisa membantu Anda untuk mengatasi kelelahan mental. Para peneliti menyebutkan bahwa hal ini karena alam terbuka memberi kita rasa takjub yang merupakan salah satu emosi paling restoratif ( memiliki kemampuan untuk memulihkan ) yang bisa didapatkan manusia. 

Pohon Membantu Meningkatkan Daya Konsentrasi
Penelitian memperlihatkan bahwa orang - orang yang berjalan - jalan di alam terbuka memiliki nilai tes koreksi aksara ( proofreading test ) yang lebih baik daripada orang - orang yang beristirahat dengan duduk di kursi atau jalan - jalan ke pusat kota. Semakin banyak pohon di sekitar Anda, Anda akan lebih mudah memusatkan fokus dan daya konsentrasi.

Yap, Pohon bisa memberikan banyak manfaat untuk manusia. Setelah membaca uraian di atas, Anda sepertinya harus berterima kasih pada pohon - pohon di sekitar Anda--dan kalau perlu juga memeluknya dengan penuh rasa kasih sayang.


Persembahan : sutriyanni871@gmail.com
Sumber : belantaraindonesia.org

0 Response to "Pentingnya Pohon Dan Alam Terbuka Bagi Manusia"