Indonesia Berkebun Wajib Di Dukung


Apa yang terpikir dalam benak anda ketika mendengar kata "berkebun"? Tentu bayangan kita adalah suatu aktifitas bercocok tanam dengan lahan yang luas dengan beragam jenis tanaman. Tapi bagaimana dengan kata "Indonesia Berkebun"? 

Ya,baru-baru ini pengguna jejaring sosial twitter mulai ramai memperbincangkan Indonesia Berkebun. Kicauan melalui akun @IDberkebun semakin lama teras semakin membooming. Dan mendapat sambutan positif dari masyarakat dari berbagai kalangan. Lalu, apa itu Indonesia Berkebun??

Dalam situs resminya terpampang jelas sebuah kalimat "Indonesia Berkebun adalah pilot project kita semua untuk menciptakan lahan hijau di tengah kota yang juga memberikan manfaat bagi komunitas sekitar. Mari ikut menanam sayuran dan buah-buahan, berkebun, dan panen bersama teman-teman dan keluarga. Follow twitter : @idberkebun " dari kalimat itu bisa langsung kita pahami apa yang dimaksud dengan Indonesia berkebun.

Dan patutlah untuk bangga . Indonesia Berkebun pada tanggal 1 Oktober 2011telah memprakarsai deklarasi World Urban Farming Network, sebuah deklarasi untuk menciptakan lebih banyak lagi lahan hijau di Indonesia. Deklarasi yang diikuti oleh 111 negara ini dibuka oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS, dan dihadiri pula oleh perwakilan United Nations Environment Programme, salah satu organisasi dari Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Dan satu lagi ya
Indonesia Berkebun telah terpilih sebagai Google Chrome web heroes. Penghargaan ini ditujukan untuk para penggiat sosial yang banyak melakukan kegiatannya melalui dunia maya.


Nah sekarang sudah saatnya kita pun mendukung gerakan indonesia berkebun. Mulai dari lingkungan rumah kita masing-masing. Cobalah untuk menanam sayur-sayuran dalam pot seperti  bayam, cabai, paprika, kangkung darat, kacang, cai sim, wortel, dan banyak lagi. Mulailah dari rumah sendiri sampai akhirnya nanti dengan kegigihan kita akan menular ke tetangga hingga lingkup yang lebih luas lagi.

Jika kita kesulitan dengan urusan menanam kita bisa konsultasi dengan teman-teman IDberkebun melalui twitter. Atau kita bisa mengunjungi websitenya yaitu http://www.indonesiaberkebun.org . Disana banyak informasi seputar berkebun mulai dari teknik menanam,tentang pupuk,bibit serta contoh-contoh penanaman. tentunya ini aktifitas yang menarik dan menguntungkan bukan? So. Mari ikut berkebun mari ikut menanam. Semoga sukses!



By: Budi Seplawan


0 Response to "Indonesia Berkebun Wajib Di Dukung"