Pulau kecil punya 7 gunung


Sebuah pulau kecil di Kepulauan Aleutian, wilayah Amerika Serikat, memiliki tujuh gunung.

Pulau kecil bernama Semisopochnoi tersebut memiliki luas 221,59 kilometer persegi. Bandingkan dengan Pulau Bali yang memiliki luas 5.634 kilometer persegi.

Puncak gunung yang ada di Semisopochnoi tersebut adalah Cerberus, Sugarloaf, Lakeshore Cone, Anvil, Pochnoi, Ragged Top, dan Three-quarter Cone. Wilayah tertinggi di adalah Anvil yang memiliki tinggi 1.221 meter. Gunung Api Cerberus setinggi 774 meter dan wilayah vulkaniknya tumbuh dari dasar laut.

Aktivitas vulkanik yang paling terdokumentasikan adalah Cerberus. Erupsi besar gunung tersebut terjadi terakhir pada tahun 1873. Sementara itu, erupsi terakhir yang terjadi di pulau ini adalah erupsi Sugarloaf, tahun 1987.

Pulau yang berjarak 2.050 kilometer dari wilayah Anchorage, Alaska, ini tidak memiliki mamalia darat asli. Meski demikian, Semisopochnoi sangat penting perannya sebagai tempat bersarang alami bagi burung-burung di wilayah Pasifik Utara.

Populasi burung di wilayah ini pernah terancam karena introduksi rubah arktik sejak abad ke-19 untuk dimanfaatkan bulunya. Pada tahun 1997, dua rubah arktik terakhir telah dipindahkan agar burung mendapat tempat lebih aman.

Sebagai bagian dari Alaska Maritime National Wildlife Refuge (AMNWR), pulau ini sekarang mendukung penyelamatan lebih dari seribu burung, terutama burung auklet.

Sumber

3 Responses to "Pulau kecil punya 7 gunung"

Annaz Aufa - www.reynaz.co.cc mengatakan...

woww.. menakjubkan.. nice info gan..

Oppa ReyZ mengatakan...

OM... kalo salah itu gunung masih aktif apa ga??? trus kalo salah satu meletus akankah menyebabkan rentetan letusan pada gunung yang lain???

Anonim mengatakan...

@oppa : ntar klo aku dah kesana tak kasih tau ya... hehehe...
ada beberapa gunung yang masih aktif