Menjual Pulau = Menjual Kedaulatan


Siaran Pers WALHI

Jakarta, 1 Februari 2010 – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) menilai rencana Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk “menjual” 12 pulau di Kabupaten Selayar adalah kebijakan yang keliru.

Pertama, Indonesia adalah negara Kepulauan. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, basis pertahanan kita ada di pulau. Sehingga tidak seharusnya Pemerintah menyerahkan pengelolaannya kepada investor. Kedua, dari sisi sumberdaya manusia, Indonesia memiliki ribuan sarjana perikanan dan pariwisata. Ketiga, Pemerintah harus memikirkan dampak dari kebijakan ini, baik dalam hal ekologi, ekonomi, sosial maupun budaya bagi penduduk setempat.

Dengan memberikan hak pengelolaan pulau kepada investor, sama artinya dengan Pemerintah menyerahkan kedaulatan Republik Indonesia kepada para tuan pemilik modal. Rakyat sebagai pemilik sah Republik ini semakin disingkirkan dan dijauhkan dari sumber-sumber kehidupannya. Sistem bagi hasil yang ditawarkan Pemerintah kepada investor bukanlah solusi tepat bagi kesejahteraan rakyat. Jika pengelolaan pulau sudah diserahkan kepada investor atas legitimasi pemerintah, maka akses dan kontrol rakyat terhadap sumber kehidupannya menjadi tak ada lagi.

Berbagai kegiatan illegal bisa saja terjadi di pulau kecil yang jauh dari pusat pemerintahan. Mulai dari pencurian ikan, penebangan mangrove, perusakan terumbu karang, sampai pencemaran akibat pembuangan limbah ke laut. Siapa yang akan menjamin bila terjadi transaksi illegal di pulau tersebut? Kasus pulau Sipadan dan Ligitan seharusnya menjadi pengalaman berharga bagi pemerintah Indonesia dalam mengelola pulau-pulau kecilnya. Untuk itu, Walhi meminta agar Pemerintah Daerah Sulawesi Selatan tidak melanjutkan rencananya untuk “menjual” pulau-pulau di Kabupaten Selayar. Karena menjual pulau sama artinya dengan menjual kedaulatan, menyerahkan sepenuhnya pengelolaan pulau kepada pemodal asing.

Pemerintah adalah pelayan rakyat, bukan pelayan investasi. Sebagai pelayan rakyat sudah seharusnya Pemerintah berhenti mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang keliru, tapi mengedepankan kebijakan yang pro rakyat dan pro lingkungan.

---------------------

Untuk Informasi lebih lanjut:
Carmelita Mamonto – 085298644986
email : carmelita[at]walhi.or.id
Pengkampanye Pesisir dan Laut WALHI

Sumber : walhi.or.id

0 Response to "Menjual Pulau = Menjual Kedaulatan"