Catatan Perjalanan Pendakian Merapi 2010

Tim Merapi :-Ar-Rahman (BWN XII)                     -U-be(BWN X)
                    -Tarlani (Univ.Singaperbangsa)


Kamis, 31 Desember 2009

Pukul 12.30 Wib
Saya berangkat dari rumah menuju Bawana BaseCamp untuk mengmbil perlengkapan pendakian



Pukul 13.45 Wib
Tiba di Bawana BaseCamp dan segera melakukan packing.cek semua perlatan tenda, sliping bag,p3k kit logistik dan lain-lain.

Pukul 13.45 Wib
Berangkat ke Jogja dengan tujuan ke Bandara Internasional Adisutjipto. Dalam perjalanan Ar-Rahman menelpon bahwa tabung gas yang di bawa di sita pihak bandara.

Pukul 15.30 Wib
Saya tiba di terminal bis Giwangan. Dan segera mencari tabung gas di toko-toko sekitar kawasan terminal namun tidak ketemu.

Pukul 16.00 Wib
Saya melanjutkan perjalanan ke Bandara Adisutjipto dengan naik bis jalur 7 .turun di jl. Kusumanegara tepat di shelter Trans Jogja. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju bandara dengan trans jogja jalur 1A.

Pukul 17.00 Wib
Tiba di Shelter Trans Jogja kawasan Bandara.Kemudian melanjutkan mencari tabung gas namun tetap saja tidak ketemu.

Pukul 17.30 Wib
Saya bertemu dengan Ar-Rahman dan Tarlani tepat di samping pos polisi depan pintu masuk menuju bandara. Dan inilah TITIK AWAL PERJALANAN KAMI BERTIGA UNTUK MELAKUKAN XPDC MERAPI 2010. Rencana berikutnya adalah menuju Kaliurang. Kami berjalan menyusuri jalan Solo menuju pertigaan ring road utara.

Pukul 18.00 Wib
Kami sholat maghrib di Masjid Al-Wakaf.kami berada di masjid itu hingga waktu sholat isya. kami juga melakukan packing serta merencanakan perjalanan selanjutnya. keputusan : kami membatalkan tujuan ke Kaliurang dan akan mencari hotel/penginapan.

Pukul 19.30 Wib
Saya dan Tarlani mencari hotel di sekitar Maguwoharjo. satu jam pencarian akhirnya ketemu juga.kemudian kami kembali ke masjid Al-Wakaf untuk berkemas-kemas menuju penginapan.

Pukul 20.30 Wib
Kami bertiga menuju penginapan. tiba di penginapan saya dan Ar-Rahman keluar untuk mencari makan.

Pukul 22.30 WIb
Usai makan plus bersih-bersih badan. kami bersiap istirahat. dan MENIKMATI MALAM TAHUN BARU DI HOTEL. GOOD BYE 2009 AND WELCOME 2010!!

Jumat,1 Januari 2010

Pukul 05.00 Wib
Bangun pagi.Mandi dan sholat shubuh. Menikmati pemandangan sekitar hotel dan tak lupa menatap gunung Merapi yang akan kami daki. terlihat jelas dari tempat kami menginap. kamar kami di lantai 2.

Pukul 07.30 Wib
Pelayan datang mengantar sarapan pagi. Gudeg Jogja menunya. JOGJA BANGETZ!!

Pukul  08.00 Wib
Aku dan AR-Rahman jalan-jalan pagi menikmati daerah sekitar hotel sambil cari cemilan serta logistik lainnya. tak lupa cari Warnet. Ketemu...sayang belum buka!!

Pukul 08.30 Wib
Kami packing dan bersiap-siap cekout dari hotel.

Pukul 09.00 Wib
Kami cekout dari hotel dan menuju ke arah jalan Solo. Tapi kami menyempatkan diri untuk ke warnet untuk cari info merapi dan updare status.

Pukul 10.00 Wib
Naik bis menuju  Terminal Kartosuro ,Surakarta.

pukul 11.30 Wib
Kami turun di depan terminal bis Kartosuro. Dan melannjutkan perjalanan dengan naik bis lagi menuju Surodanan.

Pukul 12.30 Wib
Kami sampai di surodanan. Istirahat sejenak . Saya dan Ar-Rahman menuju Kota Boyolali dengan naik angkot jalur IA tujuannya untuk mencari logistik makanan dan Tabung Gas. Sayang semua SWalayan yang kami datangi tak satupun yang menjual tabung gas botol. kami sempat liat griya Amazone tapi sudah ada di Angkot. Sementara kota boyolali di guyur hujuan deras.

Pukul 13.30 Wib
Saya dan Ar-Rahman kembali ke pangkalan tanpa membawa tabung gas. Ar-rahman kembali menuju kota untuk mencari tabung gas lagi dengan tujuan ke griya Amazone yang sempat kamilihat sewaktu di Angkot.

Pukul 14.30 wib
Ar-rahman kembali dari kota dengan membawa 2 tabung gas. AKHIRNYA KETEMU JUGA!! Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan GO TO PLALANGAN SELO!!

Pukul 16.00 Wib
Kami tiba di Plalangan Desa Lencoh Selo. Dan kami bergegas menuju NEWSELO. Saat itu cuaca sedang mendung. Hujan rintik-rintik mengiringi perjalanan kami menuju NEWSELO namun tidak berapa lama Hujan akhirnya reda. Tak henti-hentinya kami menatap keindahan alam sekitar sepanjang perjalanan ke NEWSELO dan tak lupa asyik mengabadikan pemandangan alam sekitar. Berfoto-foto ria di alam memang mengasyikkan.

Pukul 16.30 Wib
KAmi tiba di NEWELO. Selanjutnya kami melakukan packing,sholat dhuhur dan ashar.makan dan menitipkan 1 carrier ke warung tempat kami makan.

Pukul 17.30 Wib
Kami memulai pendakian. Jalan yang hampir tak ada bonus setapak demi setapak kami lalui. Mendengar Adzan Isya kami istirahat sejenak untuk melakukan sholat Maghrib dan Shoalat isya. pendakian kali ini terasa berbeda karena di sela-sela kami istirahat untuk sejenak memulihkan tenaga. kami selalu membicarakan soal Alam dan agama. Ternyata perjalanan pendakian menjadi terasa lebih LEZAT dan NIKMAT!!

Pukul 22.00 Wib
Kami memasuki jalan yang berbatu. Batu-batu besar sering kami jumpai di kanan dan kiri jalan. Alhamdulillah cuaca malam itu sangat mendukung. Angin begitu tenangnya. Bulan purnama telihat dengan jelas. Namun Bintang-Bintang hanya sedikit yang terlihat karena tertutup awan. Lampu-lampu kota di magelang,salatiga,boyolali dam sekitarnya serta daerah selo menambah indahnya malam itu. SUBHANALLAH...ALLAHU AKBAR...Betapa indahnya alam ini.

Pukul 23.30 Wib
Kami sampai di pasar bubrah. Betapa senangnya kami. puncak Garuda sudah nampak di depan mata. Udara dingin sudah sangat terasa menyentuh tubuh kami. Kami segera mendirikan tenda doom,memasak air,memanggang roti,memasak nasi, dan tak lupa membuat api unggun. Usai menyantap hidangan kami selanjutnya istirahat. PUNCAK GARUDA  TUNGGU KAMI..!!!

Sabtu, 2 Januari 2010

Pukul 05.00 wib
Kami bangun. sholat shubuh. Mempersiapkan bekal menuju puncak garuda. Perjalanan menuju puncak garuda ternyata tidak mudah. trek yang tajam dengan sudut kemiringan sekitar 60-80 derajat sungguh menguras tenaga. Sementar jalan yang kami lalui adalah jalan berbatu yang sangat mudah longsor. berberapa jali kami berpapasan dengan penddaki lain yang turun dari puncak garuda. kami juga berjumpa dengan 2 orang turis yang juga turun . mereka sudah berada di puncak garuda sejak pukul tiga dini hari. Setapak demi setapak kami lalui dengan susah payah dan KAMI TIDAK MENYERAH!!!

Pukul 07.30 Wib
AKHIRNYA kami SAMPAI di PUNCAK GARUDA!! senang, terharu dan takjub. tasbih membasahi bibir. sejenak kami meluangkan waktu untuk berfoto-foto ria. istirahat sejenak dan membuat secangkir kopi susu.Menyapa pendaki lain dan bercakap-cakap dengan mereka. BERADA DI PUNCAK HIDUP TERSA LEBIH BERARTI!!!

Pukul 09.00 Wib
Kami turun dari puncak Garuda. cuaca mendung dan sampai di tenda kami hujan turun. kami istirahat sejenak di tenda. setelah berunding ,kami memutuskan untuk packing dan akan turun.
Pukul 11.30 Wib
kami turun gunung dengan hujan yang masih mengguyur.kami bertiga turun dengan sangat hati-hati.

Pukul 14.30 Wib
kami tiba di Newselo.

Pukul 16.00 wib
Kami pulang dengan mencarter mobil pickup. kami pulang bareng dengan teman pendaki lain 3 orang dari JAKARTA yang juga akan pulang menuju jogja.

Pukul 17.30 Wib
Kami sampai di Muntilan dan melanjutkan menuju ARMADA Magelang. Dan Melanjutkan perjalanan menuju Purworejo.

Pukul 19.15 Wib

Kami sampai di Purworejo. AR-RAhman dan Tarlani.turun di TUGU dan saya turun di  Kenteng. Kami berpisah dengan membawa kenangan masing-masing. Sampai jumpa di petualangan berikutnya.Terima kasih Tuhan atas Nikmat yang kau berikan kepada Kami.!!


By : U-be

1 Response to "Catatan Perjalanan Pendakian Merapi 2010"

manthoex mengatakan...

sipp mas.....