HIkmah di Balik Musibah Bencana


Entah apa yang terjadi pada negeri tertcinta ini.selama beberapa tahu terakhir ,bencana demi bencana silih berganti senantiasa mengusik kedamaian Indonesia. Mulai dari gempa bumi, bnjir bandang,tanah longsor,angin ribut ,semburan lumpur, dan bencana alam lainnya.

Bencana dari akibat human error pun tak kalah memilukan. SEperti musibah tenggalamnya kapal kapal laut Indonesia , Jatuhnya pesawat, kebakaran lahan hingga kebakaran pemukiman,dan lain-lainnya.

Lebih tragis lagi,ada perlakuan-perlakuan sebagian umat yang tidak lagi mencerminkan sebagai manusia. Orang tua memperkosa anak kandungnya,orang tua membunuh anaknya atau sebaliknya. Guru dan Ustadz mencabuli muridnya,majikan menganiaya pembantunya,serta para wakil-wakil rakyat dan pemikul amanah rakyat semakin tidak bermoral dengan menjarah uang rakyat.Masya Allah.

Ternyata musibah musibah ini berkaitan dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah bersabda:
" Bila Allah Azza Wa Jalla murka kepada suatu kaum maka kaum itu akan ditimpa azab . harga-harga barang menjadi mahal,kemakmurannya menjadi surut,perdagangngannya tidak mendapat untung , hujan sangat jarang turun,sungai-sungainya tidak mengalir,dan penguasanya adalah orang-orang yang rusak akhlaknya"( hadits riwayat Dailami dan Ibnu Najjal).

Allah tidak akan menurunkan musibah kecuali karena bergelimangnya umat dengan dosa .Cukuplah teguran-teguran musibah menjadi peringatan bagi tingkah laku kita. Ujian bagi orang-orang yang bertakwa agar terus meningkatkan ketakwaannya danbperingatan bagi orang-orang yang sering maksiat agar menghentikan kemaksiatannya itu.

Marilah masing-masing bertafakur apa dosa yang telah kita lakukan. jangan pikirkan kecilnya dosa,tapi coba renungkan betapa agung Dzat yang kita bermaksiat kepada-Nya.

Ditulis oleh : Budi Seplawan
foto: galerikeadilan.net

0 Response to "HIkmah di Balik Musibah Bencana"