Masuk Sekolah,Berorganisasi Yuk!


Masuk sekolah lagi?wah,tentunya kita semua senang dong, masa' sih ada yang nggak suka masuk sekolah lagi,apa masih kurang menikmati masa liburan yang cukup panjang and dah bikin boring?tentunya nggak dong. Masuk sekolah lagi berarti masuk ke suasana baru and lebih fress, apalagi kita kan masuk ke tahun ajaran baru, jadi selain meet kawan-kawan lama atawa Bapak Ibu guru,kita juga bertemu ma adik-adik tingkat 1 sebagai keluarga baru di sekolah tercinta.
Masuk sekolah, berorganisasi yuk?

Haruskah? bisa iya bisa nggak,bergantung pendapat masing-masing individu. Tapi,tentunya kita semua tahu tentang apa itu organisasi,betulkan?. Perkumpulan dari orang-orang yang memiliki visi dan misi atau satu tujuan tertentu itulah organisasi.
Di lingkungan sekitar kita,saat ini sangat mudah menjumpai ragam organisasi dengan spesialisasi bidang gerakannya. khusus untuk remaja kayak kita di lingkup sekolah terdapat OSIS,ROHIS,PRAMUKA,Organisasi Pecinta Alam,PMR dan lain-lain. Sedangkan di lingkungan masyarakat terdapat Organisasi Karang Taruna, Remaja Masjid, komunitas Penulis, LSM and any more.
Lalu,pentingkah berorganisasi itu? tentu saja iya. Sebab ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan berorganisasi. Mungkin bagi mereka yang belum merasakan nikmatnya berorganisasi pasti menyangsikan adanya manfaat dalam berkecimpung di suatu organisasi. Padahal dengan berorganisasi sebenarnya kita sedang menggembleng kematangan diri sebagai manusia yang menuju sempurna.
Berorganisasi berarti kita mencari ilmu tambahan terutama prakteknya yang nggak bisa didapatkan bila hanya belajar text book saja di dalam kelas. Contohnya adalah bagaimana caranya membuat suatu rapat menjadi efektif.Dengan berorganisasi,kita belajar berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda karakter baik secara pemikiran,kecenderungan,potensi dan hal-hal lain. Kita bisa belajar menjadi manusia yang bisa mengerti,menerima dan menghargai pendapat dan keinginan orang lain.
Kita bisa belajar menjadi pendengar yang baik dari masukan-masukan orang yang mengemukakan pendapatnya di acara rapat,sidang,meeting,konferensi,atau apalah nama pertemuan itu.Berorganisasi membuat kita bisa belajar untuk tampil di depan umum. Melakukan komunikasi massa adalah sesuatu yang perlu dilatih. Semakin tinggi jam terbang,maka akan semakin terampil pula kita dalam berbicara di depan umum. Pepatah mengatakan "biso,jalaran saka kulino" nah ini membuktikan bahwa komunikasi massa atau didepan publik itu adalah keterampilan bukan karena bakat.
Menengok sejarah. banyak kita jumpai orang-orang yang begitu matang dalam kehidupannya,semua itu berawal dari berorganisasi. Mereka menjadi terkenal karena kepiawaiannya dalam mengelola konflik dalam perjalanan hidupnya. Tokoh-tokoh terkenal pun terlahir dari keaktifan mereka dalam berorganisasi selama mudanya.Jadi,amatlah sayang jika kita yang masih muda-muda ini nggak mau berkecimpung di dalam organisasi.Mengapa? karena sekecil apapun peran kita di organisasi itu pasti akan memberikan nilai tambah bagi perkembangan dan kematangan pribadi kita sebagai generasi penerus bangsa.
Nah,buat teman-teman khususnya tingkat 1 mari berorganisasi. Manfaatkan organisasi yang ada di sekolah ini dan juga ikut berpartisipasi di organisasi masyarakat yang pasti nggak akan rugi dengan berorganisasi. Bukankah pepatah mengatakan bahwa pengalaman adalah guru kita dan berorganisasi merupakan sebuah karya dan " Sebuah karya akan memicu inspirasi. Teruslah berkarya.Jika anda berhasil ,teruslah berkarya. Jika anda gagal,teruslah berkarya. Jika anda tertarik terusdlah berkarya. Jika anda bosan ,teruslah berkarya " ( Michael Crichton,penulis novel "Jurassic Park")
Selamat berorganisasi!
Posting by :BBC team

0 Response to "Masuk Sekolah,Berorganisasi Yuk!"