Populasi Orangutan Disurvei


Laporan wartawan KOMPAS Ambrosius Harto

SAMARINDA, KOMPAS.com - Untuk mendapatkan populasi orangutan di Kalimantan yang akurat, suatu survei sedang dilaksanakan melibatkan LSM nasional dan mancanegara.

"Kami ingin membuktikan apakah di Kalimantan Timur terdapat sekitar 2.000-3.500 orangutan seperti dugaan kasar kami," kata Niel Makinuddin, Manajer Kalimantan untuk Program Orangutan TNC-OCSP di Kota Samarinda, Kamis (14/5).

Survei diperlukan, lanjut Niel, untuk mengetahui populasi yang mendekati akurat, lokasi-lokasi sebarannya, persoalan pelestariannya, dan peluang solusi yang bisa dilakukukan.

Lewat sejumlah pertemuan dalam Forum Konservasi Orangutan Kaltim, orangutan mampu bertahan hidup bila di habitatnya banyak pakan. Kondisi hutan yang ideal ialah satu hektar lahan terdapat 23.750 batang pohon pelbagai jenis yang harus didominasi pakan.

Kantung-kantung populasi orangutan di Kaltim yakni TN Kutai, Hutan Lindung Wehea di Kabupaten Kutai Timur, Hutan Lindung Sungai Lesan di Kabupaten Berau, dataran tinggi Beratus di Kabupaten Kutai Barat, bahkan Hutan Lindung Sungai Wain di Kota Balikpapan meskipun sedikit.



0 Response to "Populasi Orangutan Disurvei"