Pembalakan Liar Marak di Taman Nasional Meru Betiri

JEMBER, Sedikitnya 40 kasus kehutanan terjadi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang berada di Kabupaten Jember dan Banyuwangi, Jatim, selama empat bulan terakhir.

"Sebagian besar adalah kasus pem balakan liar yang terjadi di hutan konservasi TNMB," kata kepala Bagian tata Usaha TNMB di Jember, Sumarsono, Jumat.
Menurut dia, secara rinci 40 kasus kehutanan yang terjadi di TNMB adalah 23 kasus pembalakan liar, perburuan satwa liar enam kasus, perambahan hutan tiga kasus, dan sisanya gangguan kehutanan.

"Petugas TNMB akan meningkatkan patroli rutin untuk menekan kasus kehutanan di kawasan hutan konservasi," katanya menerangkan.

Tahun 2008 lalu, kata dia, pembalakan liar yang terjadi selama satu tahun mencapai 64 kasus dan diperkirakan kerugiannya mencapai Rp1,7 miliar, sedangkan kerugian secara ekologi dan kerusakan ekosistem mencapai Rp98 miliar.

"Saya berharap, tahun ini, kasus kehutanan khususnya pembalakan liar bisa dikurangi di kawasan hutan konservasi TNMB," katanya berharap.

Kompas.com

0 Response to "Pembalakan Liar Marak di Taman Nasional Meru Betiri"