"EARTH HOUR"


Earth Hour merupakan kampanye perubahan iklim global WWF. Individu, pelaku bisnis, pemerintah dari berbagai negara di semua belahan dunia akan mematikan lampu selama satu jam sebagai pernyataan dukungan upaya penanggulangan perubahan iklim pada Sabtu, 28 Maret pukul 20.30 – 21.30 (waktu setempat).

Mohon untuk BAWANA ikut serta dalam kampanye ini karena mematikan listrik dalam waktu 1 jam saja sangat berarti sekali, yakni mulai pukul 20.30-21.30 (waktu setempat).
Menurut perhitungan kasar WWF-Indonesia, satu jam itu berarti menghemat 300 MegaWatt.
Hingga kemarin, 17.585 orang menyatakan dukungannya melalui situs jejaring sosial Facebook. Berdasarkan data internasional, 2.848 kota di 84 negara akan bergabung dengan kampanye yang pertama kali dimulai di Sydney, Australia, tahun 2007.

Di Indonesia, Kota Jakarta-lah yang bergabung dengan mematikan sejumlah lampu penerangan di Monas, Balaikota, dan sejumlah patung besar.

"Lima puluhan gedung milik swasta akan mendukungnya," kata Direktur Program Iklim dan Energi WWF-Indonesia Fitrian Ardiansyah di Jakarta kemarin.

Tahun ini, untuk pertama kalinya Earth Hour dilakukan di Indonesia, di mana Jakarta dipilih menjadi kota pertama tempat penyelenggaraannya.

Pada Sabtu, 28 Maret 2009, tepat pukul 20.30, masyarakat Jakarta akan menyaksikan dan menjadi bagian dari aksi global dalam memadamkan lampu selama 1 jam.

Dan pada saat yang bersamaan, lampu-lampu di bangunan bersejarah seperti Monumen Nasional (Monas) serta di beberapa ciri khas kota Jakarta lainnya, seperti Patung Pemuda, Jembatan Semanggi, Bundaran HI, Air Mancur Arjuna Wiwaha dan tak terkecuali kantor gubernur balaikota akan dipadamkan.


Seberapa penting EARTH HOUR untuk Jakarta?

Memadamkan lampu di DKI Jakarta 1 jam, sama dengan:
1. 300MW (cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik dan menyalakan 900 desa)
2. Mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta
3. Mengurangi emisi sekitar 284 ton CO2
4. Menyelamatkan lebih dari 284 pohon
5. Menghasilkan O2 untuk lebih dari 568 orang

Ini data yang saya peroleh dari kompas.com dan www.earthour.org

Ayo dukung EARTHHOUR di Indonesia ini,kalau bukan kita siapa lagi.
andaikan kita tidak peduli dengan lingkungan kita bagai mana jadinya bumi kita 10 tahun ke depan,mari kita mulai dengan hal yg kecil kurangi pemakaian bbm dan gunakan listrik seperlunya.
Ingat bumi ini titipan yang akan kita wariskan pada anak cucu kita.
marilah kita sampingkan EGO kita.

Kita bawa budaya hemat energi ke Purworejo tercinta.
Kita buat Kota Purworejo tercinta sebagai percontohan.... gmn?!
====LETS SAVE THE EARTH====

0 Response to ""EARTH HOUR""