Curug Watusomo


Jika kamu Wong Pordjo (Orang Purworejo) tahukah kamu dimana letak Curug (air terjun) Watusomo? Dan apakah kamu pernah kesana? Saya pikir,teramat jarang orang yang tahu keberadaan curug ini termasuk kamu dan sebagian besar wong pordjo sendiri. Jika pun tahu,mereka hanya tahu saja dari pembicaraan orang-orang dan belum tentu mereka pernah pergi ke sana. Kecuali penduduk yang ada di sekitar curug tersebut.


Saya berpikir demikian,karena beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman mengunjung curug ini. Tujuan kami hanya sekedar berrefreshing dan mengobati rasa penasaran bagi teman-teman yang belum pernah kesana. Saya melihat tak ada yang istimewa dari curug ini. Ketinggian curug ini hanya sekitar 15 meter.Di sekitar curug banyak terdapat bebatuan yang beranekaragam ukuran. Air yang jatuhpun tidak terlalu deras. Tidak ada kedung ( kolam/tempat air) di bawah curug. Jadi air yang jatuh langsung mengalir kebawah melalui sela-sela bebatuan. Lokasi curug juga lumayan jauh dari pemukiman penduduk. Di sekitar curug banyak terdapat sawah dan ladang.Jadi curug yang berada di kecamatan Gebang ini dapat dikatakan curug ini hanyalah curug biasa.

Namun, meskipun demikian curug ini bisa dijadikan tempat alternatif untuk bermain dan menikmati "pijatan air terjun" yang jatuh. Jadi tak ada salahnya kamu dan teman-teman di lain waktu untuk berkunjung ke curug Watusomo sekedar untuk jalan-jalan menikmati pemandangan alam di sekitar curug. Karena tidak jauh dari lokasi curug terdapat batu yang cukup besar. Dan dari atas batu itu bisa melihat pemandangan alam dengan bagus. Bahkan batu besar itu sangat berpotensi untuk dijadikan lokasi panjat tebing karena di sisi batu tersebut berbentuk cekung.

Nah,apakah anda penasaran? Silakan saja di waktu senggang anda bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi curug ini.

1 Response to "Curug Watusomo"

budut mengatakan...

walah la endi curug e...kang ,,,,,kapan ki bali kang nidji?