Beruang Madu Resahkan Warga Labuhan Batu


MEDAN, JUMAT - Kawanan beruang madu (Helarctos malayanus ) meresahkan warga Desa Negeri Lama, Kecamatan Aek Nabara, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Hewan mamalia ini berkeliaran ke ladang warga dekat dengan pemukiman mereka. Dua hari terakhir, kawanan hewan moncong putih ini mengusik ketenangan warga.

"Lokasi beruang ini jauh dari jalan besar. Kami masih berkoordinasi dengan muspida setempat agar tidak ada gangguan," kata Kepala Balai Besar Konservasi Alam (BBKSDA) Sumut Djati Witjaksono Hadi, Jumat (23/1) di Medan.

Tim BKSDA Sumut terdiri dari tiga orang yang langsung menuju lokasi setelah mendapat laporan warga. Tindakan pertama petugas adalah mengambil langkah agar warga tidak resah.

Djati memastikan lokasi ditemukannya kawanan beruang ini ber ada di luar kawasan hutan konservasi. Dua kawasan konservasi di Labuhan Batu yang dalam pengelolaan BBKSDA mengalami kerusakan. Kerusa kan terparah ada di Pusat Latihan Gajah (PLG) yang 80 persen lahannya berubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

Beruang madu merupakan salah satu mamalia yang dilindungi di Indonesia. Di Sumut, habitat beruang madu ini ada di hutan di Kabupaten Langkat, Karo, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal. Hewan ini pemakan madu hutan yang biasanya ada di pohon sialang. Djati menduga k uat persediaan makanan ini di hutan semakin terbatas. Mereka terdesak sehingga berkeliaran ke perkampungan warga.

Dua bulan silam, kawanan beruang madu juga masuk ke ladang warga di Tapanuli Tengah. Semula masyarakat mengira beruang ini merupakan harimau. Belum ada yang memastikan jumlah beruang ini di Sumut.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Labuhan Batu Ajun Komisaris Yoris Marzuki membenarkan adanya kawanan beruang ini. Namun dia tidak bisa memastikan jumlah beruang ini yang masuk ke ladang warga. "Petugas kami dari Polsek Aek Nabara masih bekerjasama dengan pihak kehutanan di lokasi," katanya.

Yoris mengatakan kawasan Aek Nabara sebagian masih berupa hutan. Kawasan ini berdekatan dengan sungai Brombang.





Andy Riza Hidayat

0 Response to "Beruang Madu Resahkan Warga Labuhan Batu"