Tips Mudik Pake Motor

Mudik pake motor? Siapa takut! Di tengah ekonomi sulit mudik menggunakan motor memang bisa menjadi pilihan utama bagi para pemudik. Selain lebih murah daripada menggunakan angkutan umum,mudik pake motor bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan,tapi bila nggak disiapkan dengan baik maka mudik pake motor bisa juga menjadi malapetaka.

Nah,kali ini mkipabawana team memberikan beberapa langkah persiapan Mudik yang aman dengan sepeda motor diantaranya:

1. Berdoa

Sebaiknya membiasakan untuk berdoa sebelum berangkat ke tempat tujuan agar Allah SWT melindungi perjalanan kita.

2. Mempersiapkan Mental.



Jika mudik pake motor sudah menjadi pilihan kamu,buat senang perasaan kamu,hilangkan beban,perasaan was-was,kekhawatiran yang berlebihan,dan bangun perasaan didalam jiwa bahwa mudik dengan sepeda motor itu kegiatan yang menyenangkan.

3. Pengetahuan

Perluas pengetahuan kamu meliputi kondisi rute,kondisi sepeda motor dan informasi lainnya yang berkaitan dengan mudik. Peta mudik berikut informasi tambahan lain biasanya terbit di koran-koran Nasional H-7 s/d H-3.

4. Menjaga Kesehatan

Istirahat yang cukup sebelum kamu pergi,hindari minum obat-obatan yang membuat kamu ngantuk dan lemah. Untuk memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum pergi,lakukan persiapan mudik secara bertahap,dan terencana.

5. Menyiapkan Sepeda Motor

Cara yang singkat dan pasti adalah membawa sepeda motor kamu ke bengkel terpercaya. Sebaiknya lakukan pemeriksaan dan perbaikan 1 minggu sebelum dipake mudik,sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi kembali dengan motor.

6. Menata Barang Bawaan

Usahakan mengatur beban kearah depan sepeda motor tempatkan beban di atas, di depan sumbu belakang,mengikat beban dibagian belakang sumbu sepeda motor akan menambah pusat gravitasi motor yang mempengaruhi cara motor mengerem dan berbelok. Atur penempatan beban secara merata. Alangkah baiknya nggak bawa barang yang terlalu banyak karena bisa merepotkan diri sendiri.


7. Menggunakan Alat Pelindung Diri ( APD ) dan perlengkapan standar

Gunakan APD yang sesuai, Safety Helmet yang layak pake,sarung tangan, pake sepatu khusus untuk berkendara atau sepatu biasa,dan jangan pake sandal jepit.


8. Perlengkapan Pribadi

Gunakan jaket yang nyaman untuk menahan terpaan angin. Pilih warna jaket yang cerah dan memantulkan cahaya sehingga mudah dilihat pada malam hari. Kemudian celana panjang dari bahan jeans,jas hukan,obat-obatan pribadi,suplemen,obat teter mata,obat penghilang rasa pegal,obat pusing kepala. Bawa juga tool kit standar,dan spare part standar seperti busi,bolham lampu,kabel kopling,kabel gas dll.

9. Jangan Memaksakan Diri

Selama perjalanan,terapkan cara mengendarai sepeda motor sewajar mungkin yang kamu bisa lakukan,jangan memaksa diluar diluar batas kemampuan. Jika kamu merasa ngantuk dan letih sebaiknya istirahat,jangan paksakan diri untuk terus melaju karena sangat berbahaya.

10. Sampai di Tujuan

Periksa kembali kondisi sepeda motoq,catat kejadian dan kondisi rute yang telah dilalui,lakukan persiapan yang sama untuk kembali ke kota asal.

Semoga Bermanfaat


oleh: Budiqof@yahoo.co.id
Purworejo,20 September 2008

0 Response to "Tips Mudik Pake Motor"