Renungan 17-an

Kawan,selama kurun waktu 63 tahun, negara kita berhasil terlepas dari jeratan dan ikatan penjajahan bangsa asing. Ribuan nyawa telah dikorbankan untuk meraih satu kata "merdeka". Dan kita kini hampir setiap tahun kita memperingati kemerdekaan dengan suka cita.
Lihatlah di sekeliling kita atribut bendera merah putih berkibaran di sepanjang jalan, umbul-umbul yang berwarna warnipun tak ketinggalan.Tidak hanya di jalan-jalan saja,diperkantoran,sekolah-sekolah,pabrik-pabrik dan tempat-tempat umumpun di rias bagai pengantin.
Tak hanya itu saja, suka cita merayakan kemerdekaan negara juga dilakukan dengan menggelar aneka event-event perlombaan, acara tirakatan,tasyukuran,pentas seni dan masih banyak lagi.
.

Namun sadarkah kita,disaat bersuka cita negeri ini tengah memiliki tumpukan hutang luar negeri? Dan itu tanpa kita sadari menjadi tanggungan kita semua?
Tanpa kita sadari pula,disaat kita beramai-ramai pekikkan kata"merdeka" diluar sana masih banyak saudara dan adik-adik kita masih ada yang hidup di jalanan dan dalam kekangan para preman. Tak hanya itu,pernah dengar beberapa waktu yang lalu ada sebuah keluarga mati bunuh diri,seorang suami dan istri yang sedang hamil dan tiga orang anaknya secara bersama-sama meminum racun. Mereka mati karena alasan ekonomi keluarga yang tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Kawan,negeri ini sedang "sakit" yang sangat serius. Dan disaat kondisi negri seperti ini masihkah kita untuk bersuka cita,berpesta pora,hura-hura memaknai kemerdekaan?
Kawan,alangkah lebih baik kita mendoakan arwah-arwah para pahlawan yang telah mengorbankan nyawa dan harta bendanya agaq diterima di sisi Allah SWT merupakan langkah bijak. Tak hanya itu,berbuat sesuatu yang positif sesuai dengam bidang kita masing-masing juga diyakini langkah yang tepat untuk meneruskan perjuangan para syuhada negeri ini.
Sebaliknya,menghambur-hamburkan harta untuk sesuatu yang kurang perlu di saat banyak saudara kita yang merintih kesakitan menahan lapar dinilai kurang tepat. Semoga moment hari kemerdekaan ini akan mendorong khta untuk berbuat yang terbaik untuk negeri ini dimulai dengan memperbaiki diri dan memerdekaan diri dari kekangan hawa nafsu
tercela.
Semoga.
oleh mkipabawana team

0 Response to "Renungan 17-an"