merdeka itu mahal kawan

Benar,Merdeka itu mahal kawan. Coba bayangkan untuk sebuah kemerdekaan diperlukan tebusan yang sangat mahal. Para pahlawan kita,teriakkan MERDEKA ATAU MATI, itulah slogannya. Ya,untuk bisa merdeka mereka rela menebusnya dengan nyawa,harta benda,juga dengan apa saja yang bisa untuk mendapatkan sebuah kemerdekaan.



Merdeka itu benar-benar mahal kawan. Bangsa kita telah melewati masa-masa yang sangat menyakitkan penuh dengan penderitaan,karena dijajah. Dan setelah melewati berbagai macam ujian yang sangat keras barulah alam kemerdekaan itu dapat dirasakan. Alam dimana kita bisa jadi tuan di tanah sendiri.Lalu,siapa yang harur memelihara,mengisi,dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih dengan susah payah ini? Jawabannya tentu saja kita semua,tanggung jawab seluruh warga negara indonesia..




Dan,siapkah kita sebagai pemuda untuk memikul tanggung jawab tersebut?Pemuda adalah generasi penerus bangsa. Keabsahan slogan ini nggak terbantahkan karena mau tidak mau,sanggup nggak sanggup,pemudalah yang akan menggantikan kedudukan generasi-generasi sebelumnya dalam membangun bangsa. Selain itu pemuda sudah sepantasnyalah menjadi AGENT OF CHANGE,pembawa perubahan,yang membawa lebih baik,lebih bersatu,lebih makmur,lebih demokratis,dan lebih madani. Inilah kira-kira peran pemuda yang seharusnya dapat diwujudkan bersama.
Nah, Marilah kita bersama-sama kita bangun bangsa ini dengan terlebih dahulu membangun diri sendiri. Mencari ilmu yang bermanfaat sebanyak-banyaknya dan kita amalkan pada diri kita dan tularkan kepada kawan-kawan kita. Dan kini kita sudah memasuki bulan agustus bulan yang slalu mengingatkan pada para pejuang , mari kita renungi pengorbanan mereka yang sangat besar untuk bangsa ini.
Dan apa yang telah kau sumbangkan untuk bangsa dan negara yang tercinta ini?
Purworejo, 3 agustus 2008

0 Response to "merdeka itu mahal kawan"